Siswa MAN IC Gowa Teliti Penanganan Bullying dengan Pendekatan Matematika di Kalangan Pelajar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA--Maraknya tindak bullying di kalangan pelajar memantik siswa Madrasah Aliyah Negeri Islamic Center (MAN IC) Gowa melakukan penelitian.

Ketua Tim Peneliti, Zahra besama Rayhan (anggota) menyampaikan penelitian yang mereka rampungkan berfokus pada penanganan permasalahan bullying di kalangan pelajar madrasah di Kabupaten Gowa.

Ia memilih topik ini karena kasus bullying sering terjadi di sekolahnya. "Kami ingin mencari solusi yang lebih efektif mengatasi masalah ini, dan itulah mengapa kami menggabungkan pemodelan matematika dengan bimbingan konseling," kata Zahra.

Rayhan, anggota peneliti menambahkan selama penelitian, mereka melakukan survei dan wawancara dengan rekan-rekan sebaya untuk memahami masalah ini secara lebih mendalam.

"Kemudian, kami menggunakan pemodelan matematika untuk mengidentifikasi pola-pola perilaku bullying," katanya. Sementara Dahnial, pembimbing mereka berbicara tentang pendekatan yang digunakan,

"Pendekatan ini adalah kombinasi yang sangat efektif. Pemodelan matematika membantu kami menganalisis data dengan lebih baik," katanya. Sementara bimbingan konseling memberikan solusi konkret dan dukungan kepada para pelajar.

Hasil penelitian ini diharapkan menjadi panduan kepada sekolah-sekolah di Kabupaten Gowa dalam mengurangi insiden bullying, juga menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi para pelajar madrasah.

Dahnial menyampaikan tim peneliti ini telah memberi kontribusi berarti dalam mengatasi permasalahan sosial di lingkungan pendidikan mereka. Dan penelitian ini menjadi contoh bagaimana pemikiran inovatif dapat menghadapi masalah nyata dalam masyarakat. (nas)

  • Bagikan