Unhas dan NIU Luncurkan Program Dual Degree untuk Magister, Mahasiswa Bisa Berkuliah di Dua Kampus Sekaligus

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Nothern Illinois University (NIU) meluncurkan program dual degree untuk magister. Ini memungkinkan mahasiswa berkulliah di dua kampus itu secara bersamaan.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Muh Ruslin. Ia mengatakan peluncuran itu ditandai dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua universitas.

Penandatanganan dilakukan dalam kunjungan pihak Unhas ke Center for Southeast Asian Studies NIU di U.S.A. Dilakukan pada Rabu, 25 Oktober 2023.

“Kunjungan ini bertujuan untuk mendiskusikan implementasi program dual degree untuk jenjang Magister dengan pola 1+1,” jelas Ruslin dikutip dari keterangan resmi, Senin (30/10/2023).

Hal tersebut memungkinkan mahasisa baik dari Unhas maupun NIU menjalankan perkuliahan di dua kampus sekaligus. Satu tahun di universitas mitra dan satu tahun di universitas asal.

“Di mana mahasiswa (baik dari UNHAS maupun dari NIU) menjalani perkuliahan 1 tahun di universitas mitra dan 1 tahun di universitas asal. Jadi sifatnya resiprokal dan mutual,” ujarnya Prof Ruslin.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Keuangan Subehan mengatakan, pihak NIU menyampaikan rencana program kerjasama untuk program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pada

program tersebut, NIU akan mengirimkan mahasiswanya ke UNHAS dengan pembiayaan penuh dari pemerintah U.S.

“Program ini tentunya sangat menguntungkan bagi UNHAS, di mana kita bisa menambah jumlah mahasiswa inbound sekaligus menambah pendapatan UNHAS,” kata Subehan menambahkan.

  • Bagikan