Festival Tunas Bahasa Ibu 2023 Tingkat SMP Diikuti Siswa-siswi Sulsel dan Sulbar

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makssar -- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Provinsi Sulawesi Selatan dan se-Provinsi Sulawesi Barat pada 6-8 November 2023 di Hotel Aryaduta, Makassar.

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan mempunyai 3 program besar yaitu literasi, perlindungan Bahasa daerah, dan penginternasionalan Bahasa Indonesia.

“Festival Tunas Bahasa Ibu ini adalah acara puncak dari rangkaian kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD), yang merupakan bentuk apresiasi kepada siswa yang semangatnya sangat luar biasa dalam belajar bahasa daerah dan juga menjadi pelopor peningkatan revitalisasi bahasa daerah di Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Barat,” jelas Amriani H, S.S., M.A selaku ketua panitia FTBI 2023 ini.

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan bersama Jawa Tengah, dan Jawa Barat merupakan tahun ketiga melaksanakan kegiatan FTBI ini.

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Dr Ganjar Harimansyah menyatakan bahwa kegiatan FTBI Tahun 2023 ini bisa terlaksana dengan baik berkat kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak yang telah mengawal program revitalisasi Bahasa daerah hingga FTBI tingkat Provinsi.

Istimewanya peserta kegiatan FTBI tingkat SMP tahun 2023 ini merupakan siswa SMP sederajat berasal dari 24 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan dan 3 kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat ini memberikan penampilan terbaiknya di beberapa kategori lomba yaitu lomba mendongeng, berpidato dan komedi tunggal dan penulisan cerpen.

  • Bagikan