Deng Ical Bawakan Kuliah Umum di Hadapan Staf dan Dosen Poltekkes

  • Bagikan
Deng Ical membawakan kulaih umum.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Dr Syamsu Rizal MI atau akrab disapa Deng Ical tampil sebagai narasumber pada kuliah umum di Poltekkes Kemenkes Makassar, Jl Emmy Saelan, Kamis pagi (14/12/2023).

Peserta kuliah umum kali ini diikuti direktur, Dr. Drs Rusli, APT, Sp.FRs, kepala jurusan, dosen dan staf Poltekkes Makassar yang sangat antusias.

Dalam kuliah umum ini, Wakil Wali Kota Makassar periode 2014-2019 membawakan materinya terkait mitigasi kebencanaan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapan civitas akademika terhadap ancaman bencana alam.

Mitigasi bencana merupakan suatu upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman.

Belajar dari kejadian gempa bumi yang terjadi di Indonesia melalui masyarakat dapat mengidentifikasi potensi bahaya dan membuat perencanaan yang berstandar aman yang mampu menyelamatkan jiwa dan mengurangi risiko korban luka maupun kerusakan infrastruktur.

"Mitigasi bencana gempa bumi terbagi menjadi tiga, yaitu sebelum bencana terjadi, saat bencana terjadi, dan sesudah bencana terjadi," ungkapnya Ketua PMI Makassar ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Jejaring dan Kerjasama, Syahrir Sanusi menyampaikan kegiatan ini adalah tillndaklanjut dari Nota Kesepahaman yang telah disepakati bersama antara
Poltekkes Kemenkes Makassar dan PMI Kota Makassar tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dengan ruang lingkupnya adalah kerjasama dalam Pengembangan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

  • Bagikan