Penyaluran Surat Suara Pemilu, KPU Sulsel Prioritaskan Tiga Daerah Ini

  • Bagikan
Ketua KPU Sulsel, Hasbullah (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel akan segera menyalurkan logistik pemilu tahap kedua. Ada tiga daerah yang menjadi prioritas.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah mengatakan pihaknya menargetkan daerah terpencil terlebih dahulu untuk penyaluran distribusi logistik berupa surat suara.

Hasbullah mengungkapkan, daerah terpencil kebanyakan kesulitan dalam akses ke lokasi sehingga perlu persiapan lebih awal.

"Kalau kita khusus Sulsel didahulukan dulu tiga kabupaten yang punya daya jangkau jauh, itu Kabupaten Pangkep karena ada kepulauan. Lalu Kabupaten Selayar," ujar Hasbullah, Selasa (19/12/2023).

Lalu, Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Di Lutra, ada kecamatan terpencil bernama Kecamatan Seko.

Kecamatan Seko memilki jarak terjauh dari ibukota Masamba, yakni 142 km. Seko menjadi kecamatan terluas di Kabupaten Lutra, yakni 2.109,19 km persegi.

"Ada (kecamatan) Seko, distribusinya harus diangkut pakai motor karena lapangan dan medan berat," tandasnya.

Adapun proses distribusi akan melibatkan kerjasama erat dengan pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, kepolisian, dan instansi terkait lainnya. 

Tim distribusi akan dikerahkan untuk memastikan kelancaran perjalanan logistik menuju daerah-daerah yang membutuhkan perhatian khusus.

Hasbullah mengungkapkan bahwa sudah terjadwal untuk naik cetak untuk logistik anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota, khususnya surat suara.

"Memang yang menjadi perhatian bersama adalah kertas suara, tanggal 16 mulai naik cetak karena saya lihat di penyedia didahulukan dulu provinsi jauh seperti Papua," kata Hasbullah.

  • Bagikan