Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Pj Bupati Sinjai Salurkan Bantuan 199 Penderita Stunting dan 18 Ibu Hamil

  • Bagikan
Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pj Bupati Sinjai, T.R Fashul Falah melalui Dinas Sosial Sinjai menyalurkan bantuan kepada 199 penderita stunting dan 18 ibu hamil. Program ini menunjukkan keseriusan Pj Bupati Sinjai dalam menindaklanjuti instruksi Presiden RI, Joko Widodo.

Kepala Dinas Sosial Sinjai Andi Muh. Idnan mengatakan, salah satu program prioritas Pj. Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah adalah percepatan penurunan stunting. Oleh karena itu, pihaknya menelorkan inovasi DTKS Lupa stunting untuk mengurangi prevalensi stunting.

Melalui program itu, masyarakat terkena stunting dan ibu hamil yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) diberikan bantuan sosial, berupa telur, susu, biskuit, ikan segar hingga vitamin.

"Bantuan ini sudah kita serahkan sebanyak dua kali secara bertahap pada bulan Desember 2023, kita libatkan seluruh stakeholder untuk mengawasi bantuan ini agar tepat sasaran termasuk kita libatkan pendamping PKH," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan bantuan sosail serupa untuk 23 lokus desa/kelurahan percepatan penuruan stunting yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Di lokus ini, Dinas Sosial telah menyerahkan bantuan sosial dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 198 orang yang terkena stunting. Tim yang telah dibentuk bersama para pendamping penerima bansos pun akan melakukan evaluasi dampak dari program ini.

Evaluasi tersebut rencana akan dilakukan pada akhir Januari ini. "Jika ada perubahan drastis dengan intervensi yang kita lakukan maka kita akan lanjutkan, tetapi jika tidak memberikan perubahan di masyarakat maka kita akan coba rencana aksi yang lain yang bisa berdampak dalam penurunan stunting," tambahnya.

  • Bagikan