Edulab Sosialisasi Pendampingan Psikologis Untuk Siswa Mudah Masuk PTN, Sasar Siswa SMAN 2 Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Edulab merupakan Lembaga Konsultan Pendidikan, yang hari ini melakukan sosialisasi pendampingan psikologis untuk siswa mudah masuk Perguruan Tinggi Negari (PTN). Menyasar siswa kelas X SMA Negeri 2 Makassar.

Sosialisasi itu berlangsung Senin, 15 Januari 2024. Dipimpin langsung Kepala Cabang Edulab Makassar, St. Kalsum Nur.

“Kegiatan sosialisasi mengenai pendampingan psikologis melalui test minat bakat atau pengarahan jurusan serta bagaimana strategi meningkatkan nilai semester agar lulus jalur prestasi. Selain itu kita juga mensosialisasikan jalur masuk PTN lainnya,” kata Kalsum.

Ia mengungkapkan, tidak semua siswa mengetahui cara menuju PTN impiannya.

“Berapa jalur masuk PTN? Bagaimana caranya? SNMPTN seperti apa? SNBT seperti apa? Mandiri seperti apa? Mereka masih dominan yang tidak tahunya. Makanya kita sosialisasikan dulu,” ujarnya.

Dalam sosialisasi, ia juga menjelaskan pentingnya rencana akademik. Ia mencontohkan, jika ingin memilih jurusan Kedokteran di PTN, maka harus memilih mata pelajaran pendukung yang sesuai saat di SMA.

“Banyak siswa yang belum tahu kalau pemiihan mata pelajar dikelas XI untuk kurikulum merdeka itu harus disesuaikan dengan target jurusan yang akan dia pilih. Makanya kita coba pahamkan, supaya siswa bisa menyesuaikan” jelasnya.

“Misalnya ada yang mau memilih jurusan Kedokteran, mata pelajaran yang wajib dipilih adalah Biologi dan Kimia diantara 4 matpel pilihan tsb. Tapi kalau dia malah ambil Fisika, Sosiologi, Matematika, dan Bahasa Inggris. Itu kan tidak bisa. Artinya dia sudah tidak bisa lagi ikut jalur SNBP,” terangnya.

  • Bagikan