Berbagi Adalah Jalan Ninjaku

  • Bagikan

Dua fakta di atas, menunjukkan bahwa kepedulian kita terhadap sesama masih sangat kurang, apalagi tetangga. Lingkungan terdekat kita dari yang lainnya. Tinggal di kota terutama kompleks perumahan kadang membuat kita kurang akrab dengan para tetangga. Bahkan tak jarang antartetangga saling tidak mengenal.

Hal itu karena masyarakat perkotaan sibuk dengan pekerjaan sendiri-sendiri, pergi pagi dan pulang malam sehingga jarang berjumpa dengan tetangga. Sudah begitu, pada saat hari libur mereka hanya berdiam di dalam rumah masing-masing atau pergi berjalan-jalan dengan anggota keluarga.

Padahal Islam mengatur juga mengatur hubungan soal umatnya dalam bertetangga, bukan hanya hubungan kepada Allah saja. Tetangga kita punya hak akan kita, lingkungan, bahkan antar Negara sekalipun. Diri sendiri juga punya hak untuk melestarikan naluri kasih sayangnya, nah dengan berbagi semuanya akan merasakan bahagia!

Kerukunan umat Islam harus berdasarkan semangat ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama muslim). Kesatuan dan persatuan umat muslim diikat oleh kesamaan akidah (keimanan), akhlak dan sikap beragamanya atas dasar Al-Quran dan Al-Hadits. Adanya perbedaan pendapat di antara umat Islam adalah rahmat, asalkan perbedaan pendapat itu tidak membawa kepada perpecahan dan permusuhan. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hujurat ayat 10:

Artinya: "Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat." Pesan yang terkandung dalam surah Al-Hujurat ayat 10 ialah sesungguhnya semua orang mukmin itu bersaudara, karena sama-sama menganut unsur keimanan dan kekal di dalam surga. Sehingga, damaikanlah antara kedua saudara jika terjadi perselisihan atau pertengkaran dan bantulah saudara yang membutuhkan bantuan.

  • Bagikan