Berbagi Adalah Jalan Ninjaku

  • Bagikan

Rasulullah SAW. bersabda: Artinya: "Dari Ibnu Syihab bahwa Salim mengabarkannya bahwa Abdullah bin Umar RA mengabarkannya bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Muslim itu adalah saudara muslim yang lain, jangan berbuat aniaya dan jangan membiarkannya melakukan aniaya. Orang yang melonggarkan satu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah melonggarkan satu kesulitan di antara kesulitan-kesulitan pada hari kiamat. Orang yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi kekurangannya pada hari kiamat."

Usia produktif manusia atau kita kebanyakan sebelum dipanggil pencipta di 15-80 tahun, bukanlah usia yang singkat. Lika-liku telah dilalui utamanya kontribusi apa yang sudah kita berikan kepada Negara dan masyarakat dalam artian kebermanfaatan. Kelemahan kita sebagai manusia kadang terlalu banyak menuntut ini-itu, tapi lupa mempertanyakan ke diri sendiri apa yang sudah saya berikan untuk orang lain? Dalam artian terlalu banyak menuntut tapi enggan dituntut memberikan yang terbaik. Intinya, dengan banyak memberi manfaat ke orang banyak, akan membuat orang lain merasa happy. Bukankah kita juga akan merasa happy dengan menjadi bagian sebab bahagia orang lain. Apalagi jika semua penduduk Muslim di Indonesia sadar akan pentingnya berbagi, saya rasa masyarakat Indonesia akan banyak memperoleh manfaat! Karena Indonesia, SDMnya banyak.

Seiring dengan bertambah tuanya umur kita manusia, maka akan mengikut peningkatan populasi penduduk seperti pada grafik di atas diperkirakan menunjukkan hasil yang cenderung meningkat tiap tahunnya. SDM yang begitu banyak seyogianya berbanding lurus mengenai peningkatan mutu/kreativitas pertumbuhan ekonomi dibanding Negara lain.

  • Bagikan