Plt Dirut Perseroda Sulsel-Bupati Bulukumba MoU Pisang Cavendish, Pabrik Urea-Amonia, dan Refinery Oil 

  • Bagikan
Plt Dirut Perseroda Sulsel-Bupati Bulukumba MoU Pisang Cavendish, Pabrik Urea-Annomia, dan Refinery Oil

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel melakukan penandatanganan MOU dengan Pemkab Bulukumba terkait kerjasama tiga proyek.

Tiga proyek itu diantaranya pembangunan pabrik urea dan amonia, refinery oil (kilang minyak) dan penanaman pisang cavendish.

Pabrik urea dan amonia dengan rencana lokasinya di Desa Lemo-lemo, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba di atas lahan 300 hektare dengan beberapa titik proyek pabrik yang akan menghasilkan 800 KTA (kilo ton per Annun) atau 800.000 tom ammonia per tahun. Sedangkan untuk urea 1.400 KTA atau 1.400.000 Ton urea per tahun.

Plt Direktur Utama PT SCI (Perseroda) Sulsel Machmud Achmad mengatakan, bahwa pasca dirinya ditunjuk sebagai plt pihaknya berupaya untuk melaksanakan kegiatan dengan menarik investor agar bisa bekerja sama untuk pengembangan perekonomian di Sulawesi Selatan 

Dia telah melakukan MOU langsung dengan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf yang juga di dampingi Koordinator Investor Emir Mavani.

Emir Mavani ditunjuk langsung oleh Komisaris Utama Perseroda Sulsel Tanri Abeng MBA. 

Rencananya sumber gas akan diimpor dari industri gas milik Qatar Energy. Adapun kebutuhan gas untuk pabrik urea dan ammonia ini adalah 200 MMscfd. 

"Proses produksi ammonia dan urea akan dilengkapi dengan fasilitas CCS (penyimpanan penangkapan karbon) untuk mengurangi emisi karbon dan Perseroda menargetkan pemasaran urea untuk domestik. Sedangkan untuk liquid ammonia akan dikirim ke pasar internasional," kata Machmud, usai MoU di Bulukumba, Kamis malam, (14/3/2024).

  • Bagikan