Pj Gubernur Bahtiar Pastikan Bendungan Bili-bili Terawat dengan Baik, Imbau Partisipasi Warga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA — Pj Gubenur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengunjungi Bendungan Bili-bili, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Bili-bili merupakan bendungan terbesar yang ada di Sulawesi Selatan. Menjadi pemasok air bersih di Makassar, sebagai Ibu Kota Provinsi. 

Juga sebagai sumber pengembangan pertanian dan peternakan, serta sebagai wadah pengendalian banjir.

Bahtiar memastikan agar bendungan ini terawat dengan baik, karena jika terjadi kerusakan butuh biaya yang tidak sedikit. 

“Kalau Bendungan sudah sudah bertahun-tahun usianya dia bisa terjadi pendangkalan, bisa terjadi macam-macam,” tutur Bahtiar, di lokasi, Kamis, (4/4/2024). 

Dia berharap agar masyarakat berpartisipasi dalam memelihara bendungan yang dibangun tahun 1991 ini agar tetap berfungsi 100 persen seperti sejak awal dibangun. 

Menurutnya, bendungan yang dibangun pada tahun 1980-1990-an, fungsinya sudah mulai menurun. Karena partisipasi masyarakat dianggap kurang. Padahal dalam pemeliharaan tidak murni hanya Kementerian PUPR selaku pemilik.

“Pemerintah tidak mungkin itu nambal bocornya lagi, ininya segala macam,” tambahnya.

Padahal debit air Bendungan Bili-bili penting untuk dijaga demi menghindari kekeringan saat musim kemarau. (selfi/fajar) 

  • Bagikan