Unhas Hadiri Peresmian Platform Program Merdeka Belajar Sasrabahu untuk 12 PTN-BH

Jumat, 19 Februari 2021 17:10

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Platform Sasrabahu.id sebagai implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka 12 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) resmi diluncurkan. Peresmian dihadiri oleh jajaran pimpinan Unhas dan 11 PTN-BH lainnya berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (19/2/2021).

Sasrabahu merupakan program yang dihadirkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai mandat dari Forum PTN-BH, berupa sistem pertukaran mahasiswa antar PTN-BH. Dengan sistem seperti marketplace, mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah pada perguruan tinggi lain dengan skema full credit transfer oleh adminstrator perguruan tinggi asal.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari, MEng, menyampaikan sistem ini menjadi komitmen bersama dari PTN-BH dalam memberikan kemudahan untuk implementasi dari program merdeka belajar kampus merdeka. Dengan sistem ini, dapat memberikan akses lebih cepat dan mudah bagi mahasiswa maupun adminstrator masing-masing PTN.

Sistem Sasrabahu.id resmi dilaunching oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof Nizam MSc DIC PhD. Dalam sambutannya, Prof Nizam memberi apresiasi terhadap perhatian PTN-BH melalui kolaborasi. Dengan program ini, maka diharapkan semakin meningkatkan dan memperkuat kebhinekaan.

Menurutnya, program pertukaran mahasiswa dalam negeri sangat sedikit. Perhatian lebih banyak berfokus kepada program pertukaran luar negeri. Olehnya itu, melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan platform sasrabahu.id serta program penunjang lainnya akan mendorong mobilitas mahasiswa semakin tinggi.

“Tidak hanya mahasiswa, dosen juga dapat melakukan kolaborasi penelitian dan kerja sama. Ini akan semakin memperkuat dalam menyiapkan SDM unggul dan inovatif serta berdaya saing kedepan,” jelas Prof Nizam.

Sebagai bentuk tindaklanjut, Unhas sendiri sebelumnya telah melakukan sosialisasi secara internal kepada segenap unsur sivitas akademika terkait program sasrabahu. Juga Unhas telah menyiapkan sistem terintegrasi untuk memudahkan dosen dan tenaga administrasi dalam pelaksanaan berbagai program merdeka belajar di Unhas. (rls)

Komentar