Atasi Kelangkaan Pangan, Dosen PTP UNM Kenalkan Sistem Zero Waste Agriculture ke Masyarakat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tim Dosen Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang digawangi Dr. Andi Rahmah bersama dua rekannya, Andi Muhammad Akram Mukhlis dan Andi Alamsyah Rivai memperkenalkan sistem pertanian berkelanjutan yakni, Zero Waste Agriculture.

Nur Rahmah menjelaskan Zero Waste Agriculture adalah konsep pengelolaan sumberdaya untuk menghasilkan kebutuhan pokok manusia sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kualitas lingkungan dan melestarikannya.

"Sistem ini lahir lantaran kita ingin mengedukasi masyarakat bahwa limbah pertanian dan ternak bisa diintegrasikan sehingga bermanfaat dari segi ekonomi dan lingkungan," jelasnya, (14/04/2021).

Jebolan Doktor Unhas ini menambahkan prinsip Zero Waste Agriculture yakni limbah budidaya pertanian akan menjadi pakan ternak, selanjutnya kotoran ternak bakal dijadikan bahan pembuatan pupuk organik. Jadi terintegrasi, sumberdaya yang ada jadi bermanfaat semua," tambahnya.

Ia berharap dengan hadirnya sistem ini bisa menjadi solusi dalam pengelolaan limbah pertanian yang ramah lingkungan sehingga swasembada pangan berkelanjutan dapat terwujud.

Bahkan tahun lalu di bulan September, Nur Rahmah dan tim mengaplikasikan langsung sistem ini lewat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros.

"Sasaran kami kelompok tani di sana, dan hasilnya memuaskan," ucapnya. (zaki/fajar)

  • Bagikan