Jargas di Wajo Bertambah 5.750 SR, Konstruksinya Dikerjakan Pertengahan Mei

Selasa, 27 April 2021 20:22

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Kabupaten Wajo mendapatkan penambahan 5.750 Sambungan Rumah (SR) Jaringan Gas (Jargas) rumah tangga tahun ini. Konstruksinya direncanakan pertengahan Mei mendatang.

Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Wajo, Rudianto mengatakan, 5.750 SR Jargas rumah tangga untuk Wajo tahun ini, merupakan paket pembangunan bersama Kabupaten Banggai. Totalnya sebesar 10.755 SR.

“Dari 10.755 SR dari paket ini. Wajo kebagian lebih banyak. 5.750 SR. Sementara Banggai 5.005 SR,” ujar Rudi usai sosialisasi pembangunan Jargas rumah tangga di ruang rapat Kantor Bupati Wajo, Selasa, 27 April.

Dia menambahkan, program dari Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut, nantinya dilaksanakan PT. PGAS Solution dengan nilai pagu paket Rp121.078.531.000.

Kontrak pelaksanaan pekerjaannya dimulai pada 12 April sampai dengan 7 Desember 2021 mendatang. Saat ini, telah memasuki tahap penelusuran jalur pipa hasil Front End Engineering Design (FEED) dan Detail Engineering Design Construction (DEDC).

“Progres sekarang sementara penelusuran jalur pipa. Untuk di finalkan kembali menjadi MC 0. Konstruksinya kita targetkan jalan setelah lebaran atau pertengahan Mei,” tuturnya.

Rencana lokasi konstruksi 5.750 SR ini akan direalisasikan ke wilayah Kecamatan Tempe dan Tanasitolo.

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi III DPRD Wajo, Taqwa Gaffar berjanji akan mengawal pembangunan Jargas rumah tangga ini. Program pusat tersebut diminta agar terealisasi dengan baik.

Menurut legislator dari Fraksi Nasdem ini. Semua daerah di Sulsel tidak memiliki sumber daya gas, seperti Wajo. Maka dari itu, potensi ini perlu dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kita harus sambut ini. Kita kawal agar berjalan sesuai harap. Jargas rumah tangga ini sangat baik. Murah dan tidak ribet. Kita tidak perlu susah payah mencari, membeli tabung gas,” tutupnya. (man)

Komentar

VIDEO TERKINI