Peringkat FKG Unhas Naik Menjadi Posisi Dua Nasional

Senin, 10 Mei 2021 10:01

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) raih peringkat dua Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia.

Predikat ini versi Scimago Institutions Ranking (SIR) by Subject Areas 2021 dari Lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia yang beralamat di Spanyol. Resmi di dirilis sejak 23 April 2021.

Dalam melakukan pemeringkatan, The SCImago Journal by Subject Areas, mencakup jurnal dan indikator ilmiah pada subject (Dentistry) yang dikembangkan dari informasi yang terdapat dalam database Scopus.

SIR merupakan instrumen pemeringkatan terhadap lembaga akademik dan penelitian yang melihat keunggulan dalam tiga indikator,

Dekan FKG Unhas dr Muhammad Ruslin mengatakan FKG Unhas berada diposisi dua besar Indonesia dan posisi 277 dunia. Peringkat tersebut dinilai dari kinerja penelitian, inovasi dan dampak sosial fakultas.

Dari Hal tersebut, kata dr Muhammad Rusli, FKG unhas meraih penelitian bobot 50 persen dengan 17 indikator. Sementara untuk luaran inovasi memiliki 30 persen dengan tiga indikator, dan dampak sosial bobot 20 persen terdiri atas tiga indikator.

“Indikator ini membuat kami di FKG bisa mengalahkan 694 universitas yang mengikuti pemeringkatan SIR,” ucapnya.

Sebagai bentuk pertanggung jawaban, kata dr Rusli, FKG Unhas berkewajiban untuk terus berupaya memperbaiki diri dengan meningkatkan kualitas Riset.

“Risetnya termasuk jumlah jurnal, publikasi dan kolaborasi internasional. Ditambah inovasi dan dampak Teknologi yang dikaitkan dengan hasil publikasi,” ujarnya.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah mengatakan capaian tersebut menjadi spirit untuk terus berbenah mengantar Unhas menjadi World Class University. Dimana Prodi Dokter Gigi telah menyandang pengakuan international (AUN-QA) sejak tahun 2019.

“Sementara pada tahun 2021 ini sejumlah prodi akan melaksanakan akreditasi dan rekakreditasi baik dari LAM-PTKes maupun dari Lembaga Akreditasi Luar Negeri seperti ASIIN,”tuturnya.(wis)

Komentar

VIDEO TERKINI