Rektor UNM, Shalat Idul Fitri 1442 H Bersama Masyarakat tetap Patuhi Protokol kesehatan Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Husain Syam bersama keluarga, para Wakil Rektor dan civitas akademika melaksanakan salat idul Fitri di sekitar Masjid Nurul Ilmi UNM, jalan Gunungsari, Kamis 13 Mei 2021

Prof Husain Syam tampak duduk di shaf terdepan. Selain Rektor UNM, sejumlah jajaran rektorat dan dekan di kampus orange itu terlihat ikut menggelar salat Idul Fitri 1442 hijriah di lokasi tersebut.

Adapun yang bertindak membawakan khutbah pada pelaksanaan hari raya idul Fitri 1442 hijriah di Masjid Nurul Ilmi UNM yakni, Lomba Sultan.

Lomba Sultan membawakan tema khutbah "Dengan Idul Fitri 2021 M/1442 H, kita memenangkan spiritual dan emosional dalam menggapai predikat ketaqwaan kepada Allah SWT".

Dia menyampaikan dalam hari raya idul Fitri sekurang-kurangnya ada dua bentuk kemenangan bagi umat Islam yang berpuasa, pertama Kemenangan Spritual adalah kemenangan jiwa, jiwa yang menang adalah jiwa yang selalu bersih dan suci dari
berbagai noda dan penyakit.

Seperti syirik, takabbur/sombong,
angkuh, irihati/cemburu, dan berbagai penyakit hati lainnya yang diharapkan melalui Ramadhan dapat terkikis habis.

Kemudian yang kedua, kemenangan Emosional
Jika kita perhatikan teori tentang kecerdasan emosi yang dijelaskan oleh para ahli psikologi, ternyata konsep kecerdasan emosi ini berbanding sama dengan konsep kesabaran dalam Islam.

Sementara itu, Rektor UNM Prof Husain Syam mengharapkan lebaran idul Fitri tahun kedua di masa pandemi Covid-19 tentu merupakan suatu kesyukuran karena bisa secara langsung melaksanakan di masjid atau pun tempat lain.

  • Bagikan