Hore! Toraja Utara Terima Hibah Proyek PP5000PJUTS

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Kabupaten Toraja Utara menjadi salah satu daerah penerima bantuan penyaluran hibah proyek percontohan Pilot Plan 5000 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PP5000PJUTS) dari Badan Kongres Internasional Forum Budaya dan Warisan Dunia (BIFBWD).

Di Sulsel hanya 4 daerah yang menerima bantuan tersebut, diantaranya Kabupaten Toraja Utara, Enrekang, Pangkep, dan Maros.

Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (25/05/2021).

Ini adalah tahun pertama penyaluran Hibah Proyek Percontohan Pilot Plan 5000 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PP5000PJUTS). Sasaran pemasangan PJUTS dilakukan di desa-desa tertinggal dengan ribuan titik dalam kabupaten/daerah.

Total biaya untuk satu paket proyek percontohan 5.000 unit PJUTS titik sebesar Rp119 miliar.

Dalam kesempatan itu, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang mengapresiasi adanya bantuan hibah tersebut.

"Kita senang sekali dengan adanya bantuan seperti ini. Tapi jangan sampai seperti proyek hibah lain hanya formalitas saja, realisasi di lapangan selalu terjadi masalah," katanya

"Contoh ini kalau dilakukan pemasangan jangan sampai pihak vendor nanti lepas tangan kalau misalnya baru berapa hari lampu penerangannya sudah padam. Harus ada tetap ada pengawasan, supaya manfaatnya betul-betul dirasakan oleh masyarakat," tegas Ombas sapaan akrab Yohanis Bassang. (*)

  • Bagikan