Pelatihan Barista Berakhir, Dollah Mando Harap Lahir Wirausaha Baru

Rabu, 30 Juni 2021 17:48

IST

FAJAR.CO.ID — Pendidikan dan Pelatihan 3 in 1 Pengolahan dan Penyajian Kopi (Barista) Angkatan VI Tahun 2021 di Kabupaten Sidrap, berakhir Rabu (30/6/2021).

Diklat yang berlangsung sejak Kamis pekan lalu itu, ditutup secara resmi Bupati Sidenreng Rappang, Dollah Mando, di Aula Kompleks SKPD.

Penutupan dihadiri Kepala Balai Diklat Industri (BDI) Makassar, C. Elisa M. Katili, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Sidrap, Ahmad Dollah, Kadis PMPTSP Sidrap, Ruli Dasananda, serta Staf Ahli Bupati, Nurkanaah dan Patahangi Nurdin.

Kegiatan yang diikuti 75 peserta tersebut, merupakan kerjasama BDI Makassar dengan Disdagrin Sidrap. Diklat ini gratis, menghadirkan instruktur para barista profesional dari Kota Makassar.

Kepala BDI Makassar, C. Elisa M. Katili mengungkap, dalam diklat itu, sebanyak 66 peserta dinyatakan lulus uji kompetensi. Mereka yang lulus, lanjutnya, berhak mendapat sertifikat uji kompetensi dan sertifikat pelatihan.

“Sementara 9 peserta belum lulus uji kompetensi, namun jangan berkecil hati, karena tetap mendapat sertifikat pelatihan dan masih ada kesempatan mengikuti diklat. Seluruh peserta juga mendapat uang transpor dan uang saku,” ujarnya.

Sementara Dollah Mando berharap, pelatihan barista itu dapat melahirkan wirausaha baru, khususnya dalam pengolahan dan penyajian kopi.

“Semoga pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pada pelatihan ini dikembangkan, dengan membuka usaha-usaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Pemerintah daerah siap mendukung hal tersebut,” sebut Dollah.

Dollah Mando tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada BDI Makassar atas terlaksananya diklat tersebut di Kabupaten Sidrap.

“Kegiatan ini sangat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan perekonomian Kabupaten Sidrap. Semoga kerja sama dengan BDI terus berlanjut dengan mengadakan pelatihan-pelatihan lainnya di Kabupaten Sidrap,” tandas Dollah. (rls)

Komentar

VIDEO TERKINI