Bungoro Pangkep Harus Bangkit Lagi Produksi Udang Vaname

Jumat, 16 Juli 2021 09:41

Udang vaname

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Program Kemitraan Wilayah (PKW) membantu petambak udang dengan menyalurkan puluhan ribu benur di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Kamis, 15 Juli. Dorong peningkatan budidaya udang vaname.

Koordinator PKW Unhas-Unismuh, Abdul Rasyid Djalil, mengatakan, PKW ini merupakan program berkelanjutan yang sebelumnya juga pihaknya menyalurkan bantuan kincir untuk tambak nelayan sekitar. Kali ini para petambak dibantu benur udang vaname, sebanyak 50 ribu bantuan benur diperuntukkan bagi petambak sekitar.

“Kita berharap program ini, memberikan dampak positif untuk petambak di Bulu Cindea. Yang dipilih yaitu bantuan udang. Meningat Pangkep ini adalah daerah yang sangat potensial untuk budidaya udang,” katanya.

Selain itu, pelatihan untuk pemberdayaan petambak juga sebelumnya telah dilakukan untuk kelompok petambak yang ada di Desa Bulu Cindea itu. “Agar produksi udang disini bisa meningkat lagi. Sehingga selain bantuan, juga diberikan pendampingan untuk petambak terkait kiat-kiatnya,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Nelayan Kayu Bau, Made Ali mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang disalurkan kolaborasi dua kampus tersebut, untuk membantu meningkatkan produksi udang vaname.

“Untuk tambak disini memang lebih cocok pembudidayaan vaname dibanding jenis lainnya. Apalagi benur yang dibagikan ini sudah diskrining sehingga bebas penyakit,” jelasnya.(fit/ful)

Komentar

VIDEO TERKINI