Dalam Bertransaksi Digital, Waspada Penipuan dengan Berbagai Modus

Rabu, 21 Juli 2021 14:45

FAJAR.CO.ID, PINRANG – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 21 Juli 2021 di Pinrang, Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema saat ini adalah “Lindungi Diri, Pahami Fitur Keamanan Digital”.

Program kali ini menghadirkan 636 peserta dan empat narasumber yang terdiri dari dosen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Dr Anas Iswanto Anwar S.E MM CMW, Senior Manager Gojek Regional Indonesia Timur Mohammad Khomeiny, Koordinator Wilayah Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Wilayah Sulawesi-Maluku-Maluku Utara Qodriansyah Agam Sofyan, serta Influencer and Actor Jeihan Achtar Nizamuddin. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Shinta Ardhany selaku jurnalis. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Pemateri pertama adalah Mohammad Khomeiny yang membawakan tema “Bertransaksi Digital, Mudah dan Aman”. Menurut dia, tak bisa dipungkiri, era pandemi Covid-19 justru menjadi katalisator digitalisasi, termasuk transaksi baik dalam bentuk penggunaan dompet digital dan uang elektronik.

Namun, saat ini juga banyak penipuan di internet, seperti penipuan yang mengendalikan rekening pribadi, penipuan yang memanfaatkan data orang lain, transaksi bodong atau tidak sah, serta penipuan lewat pengambilalihan akun seseorang.

“Saat bertransaksi daring, berhati-hati dengan penipuan yang marak terjadi. Waspada penipu dengan berbagai modus,” katanya.

Berikutnya, Jeihan Achtar Nizamuddin menyampaikan materi berjudul “Memahami Aturan Bertransaksi di Dunia Digital”. Ia mengatakan, saat melakukan transaksi baik penjual maupun pembeli harus paham akan hak dan kewajibannya masing-masing. Misalnya, penjual wajib memberikan informasi tentang barang atau jasa secara jujur dan benar, dan pembeli pun wajib membaca informasi serta ikuti prosedur tentang penggunaan barang atau jasa yang dibelinya.

Komentar

VIDEO TERKINI