Hamka B Kady Gelar Dialog dengan Pendamping Desa Se Kabupaten Takalar

Rabu, 28 Juli 2021 17:28

FAJAR.CO.ID, TAKALAR — Anggota DPR RI Hamka B Kady menggelar pertemuan dengan para pendamping desa se Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Di Gedung Darma Wanita, Rabu (28/7/2021). Dalam pertemuan tersebut terjadi dialog langsung yang membahas berbagai hal, seperti penyerapan Dana Desa, BLT, hingga performas BUMdes di tengah pandemi Covid-19.

Ihwal Dana Desa, Hamka meyakini dana desa akan menjadi sumber energi dan tenaga pendorong yang kuat bagi ekonomi rakyat untuk tumbuh cepat dan berkembang maju.

Ia juga meminta Dana Desa dapat lebih dioptimalkan lagi bagi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mewujudkan desa maju, mandiri dan sejahtera.

Selain itu, Politisi Partai Golkar ini juga mendorong partisipasi sektor swasta dalam pembiayaan pembangunan berkelanjutan atau SDGs semestinya dilaksanakan secara serius agar kedepan penyelengaraan perencaan lebih matang, tepat sasaran dan tepat guna.

“BUMdes juga harus lebih inovatif lagi agar filosofi berdirinya BUMdes menyangkut pengembangan ekonomi di desa bisa tercapai, kami telah memberi bantuan modal stimulan kepada BUMdes dengan anggaran 50jt-100jt di beberapa BUMdes di Kabupaten Takalar,” tekan HBK.

Di samping itu, HBK juga menyinggung soal Bantuan bedah rumah berupa stimulan dana Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perumahan MBR, agar layak huni.

“Program BSPS dari Kementerian PUPR akan dilanjutkan sampai tercapainya cita-cita kementerian terkait 0 wilayah kumuh,” tandasnya.

Juga Program Desa Wisata, HBK berkomitmen turunkan di Desa Towata Kecamatan Polut yang sementara dikerjakan tahun ini dengan anggaran kurang lebih Rp 500 juta dan diswakelolakan ke pemerintah desa.

Komentar

VIDEO TERKINI