Jaga Kesehatan dengan Olahraga, Instruktur Yoga Sarankan Pakai Amazfit Bip U Series

Kamis, 29 Juli 2021 13:22

FAJAR.CO.ID, – Merebaknya virus COVID-19 membuat kita semua semakin memahami pentingnya pernafasan yang baik bagi manusia. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan pernafasan, mulai dari mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang hingga olahraga.

Salah satu olahraga yang dapat dijadikan pilihan di masa pandemi ini adalah Hatha Yoga, jenis yoga yang gerakannya merupakan dasar dari segala jenis yoga. Meskipun mendasar, namun manfaat Hatha Yoga ternyata sangat banyak diantaranya melatih teknik bernafas dan meredakan stress.

Langkah lain yang tak kalah penting untuk dilakukan di masa pandemi ini adalah memonitor kesehatan, salah satunya tingkat saturasi oksigen dalam darah. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini smartwatch canggih seperti Amazfit Bip U Series pun telah dilengkapi fitur OxygenBeats™ untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.

Gerakan-gerakan pada Hatha Yoga cenderung dilakukan secara perlahan, hal ini bertujuan untuk melatih kekuatan dan kelenturan tubuh, namun di saat yang bersamaan, juga mendapatkan manfaat dari relaksasi.

Irfan Surya, seorang instruktur Hatha Yoga menjelaskan “Hatha Yoga merupakan olah tubuh yang menekankan pada tiga gerakan utama, yaitu postur tubuh (asana), teknik pernafasan (pranayama) serta relaksasi dan meditasi (dyana). Yoga jenis ini cocok bagi mereka yang jarang berolahraga, baru mengenal yoga atau pemula, cocok untuk yang sedang dalam kondisi kurang fit, ingin menguatkan tubuh dan memperbaiki postur tubuh, serta bagi mereka yang ingin meredakan atau mengendalikan stres. Karenanya, menurut saya, cocok sekali untuk dijadikan pilihan kegiatan di masa pandemi seperti sekarang ini.”

Jika rutin dilakukan, Hatha Yoga juga baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Teknik pernafasan yang diajarkan juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi paru serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Komentar

VIDEO TERKINI