Puncak Dies Natalis ke-60, Rektor Prof Husain Syam Sampaikan Capaian UNM

Senin, 2 Agustus 2021 15:15

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Puncak perayaan Dies Natalis ke-60 Universitas Negeri Makassar (UNM) di Room Teater Gedung Phinisi UNM, Jalan A.P. Pettarani, Kota Makassar, pada Senin 2 Agustus 2021, sukses terlaksana dengan baik.

Acara yang dihadiri Ketua DPP IKA UNM, Nurdin Halid, sejumlah perwakilan Forkopimda dan Civitas Akademika dalam ruang lingkup UNM ini dibatasi. Hal itu dikarenakan keadaan Pandemi Covid-19 yang mengharuskan penerapan protokol kesehatan.

Bahkan, sejumlah Menteri kabinet kerja Indonesia maju, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, para Rektor se-Indonesia, Kepala Daerah di Sulsel, Mahasiswa UNM berprestasi, dan alumni UNM yang mengikuti puncak Dies Natalis secara daring via zoom.

Dalam pidatonya, Rektor UNM Prof Husain Syam menyampaikan sejumlah capaian program strategis UNM dibawah kepemimpinannya selama ini.

“Pada tahun 2018, UNM mendapat kepastian yuridis dengan disahkannya statuta UNM melalui peremenristekdikti nomor 7 tahun 2018. UNM akan terus bertransformasi untuk naik kelas dari sisi kelembagaan,” ujar Prof Husain Syam disambut aplaus seluruh undangan.

Capaian kedua, kata Rektor, beberapa perubahan mendasar yangdilakukan yakni, Fakultas Ekonomi (FE) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas llmu Sosial (F1S) menjadi Fakultas llmu Sosial dan Hukum (FIS-H).

Dan akan hadir 4 pusat studi baru yaitu bidang Gender, Penelitian dan Pengembangan llmu Pendidikan, Pengembangan Pemuda dan Olahraga, dan Pusat

Kemudian, capaian ketiga, dalam penguatan kelembagaan yang didapatkan adalah peningkatan status UNM dari Perguruan Tinggi Satuan Kerja menjadi Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 321/KMK. 05/2019 tertanggal 5 April 2019.

“Status ini telah menaikkan kelas UNM. Status BLU menjadikan UNM semakin fleksibel dan transparan dalam tata kelola keuangan dibandingkan status Satker. Saat ini TIM PTNBH melakukan berbagi persiapan menuju PTNBH UNM,” terangnya.

Komentar

VIDEO TERKINI