Semakin Canggih, Peta Digital hingga Room Teater Ada di Museum Karst Maros-Pangkep

Selasa, 24 Agustus 2021 09:40

FAJAR.CO.ID,PANGKEP– Tak lagi pajangan, kini mencari informasi mengenai kondisi geopark Maros-Pangkep cukup dengan satu sentuhan. Layar digital yang dibingkai dalam museum karst Maros-Pangkep itu menyajikan seluruh informasi mengenai kondisi geologi dan objek wisata yang ada di sekitar karst Maros-Pangkep.

Museum karst yang juga sebagai Pusat Informasi Geologi (PIG) itu terletak di Kompleks Rujab Bupati Pangkep, bangunan itu dari luar tak ada yang berbuah. Tetap berbalut dinding putih sama dengan bangunan rujab lainnya. Hanya saja, sesaat menginjakkan kaki dalam museum tersebut, langsung membawa kita terasa berada ditengah gua. Memang di dalam ruangan itu juga ada miniatur pajangan dinding gua dan juga sejumlah peninggalan sejarah yang dibalut lebih modern dari museum sebelumnya.

Sejumlah LCD tersebar di sekitar museum tersebut, setiap yang masuk ke ruangan itu dapat dengan mudah mengakesnya, mengetahui seluruh informasi karst dan objek wisata lain yang ada ditengah kawasan karst Maros-Pangkep.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudaayan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangkep, Faridah mengatakan bahwa, kini museum itu tampil lebih modern dengan sistem teknologi digitalisasi, pembenahan pada museum dilakukan oleh tim bersama petugas karst Maros-Pangkep.

“Sebelumnya memang sudah ada peninggalan-peninggalan dan jejak di museum karts kita ini. Akan saat ini, ada penambahan isinya, dimana kesannya lebih digital. Tetapi fungsinya tetap sama sebagai museum,” paparnya.

Dikatakan juga bahwa, ada puluhan artefak peninggalan masa lampau yang ditemukan dalam gua yang ada di Kabupaten Pangkep. Artefak itu ada yang berupa batu, logam dan perlengkapan sehari-hari yang digunakan masyarakat pada waktu itu.

Dalam museum itu ada juga, deretan dokumentasi leang atau gua yang ada di Kabupaten Pangkep, mulai leang bulu ballang yang menyajikan dokumentasi lukisan menyerupai penyu di dinding gua, Leang Sumpang Bita, Gunung Lante Angoro, Leang Lasitae, Leang Kassi, Leang Lompoa dan masih ada puluhan foto gua yang ada dalam musem ini.

Komentar

VIDEO TERKINI