Bupati Bulukumba-PDNA Bahas Program Kolaborasi

Rabu, 1 September 2021 23:51

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Bulukumba melakukan audiens dengan Bupati Bulukumba A. Muchtar Ali Yusuf. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Rabu (1/9/2021).

Audiens ini dipandu oleh Kepala Kesbangpol Ahmad Arfan dalam pengantarnya mengatakan maksud dan tujuan kedatangan PDNA Bulukumba dengan rencana FGD (focus group discussion) Penyepakatan Desa Piloting dan satu unit Puskesmas dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak.

Ketua PDNA Bulukumba, Satnawati mengatakan, PDNA Bulukumba merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah tempatnya sebagai organisasi putri Muhammadiyah.

Pada tahun 2019, PDNA bersama 8 Organisasi Masyarakat Sipil dan LSM yang ada di Bulukumba mengikuti seleksi dan terpilih sebagai mitra utama program Madani yang di support oleh USAID.

Program ini pun berlangsung selama 3 tahun. “Saat ini program Madani sudah masuk tahun dua implementasi beriringan dengan implementasi program Madani di 32 Kabupaten/Kota dan 6 Provinsi,” ujarnya.

Dalam perjalanannya, di tahun pertama, pihaknya telah berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan terkait program Kesehatan Ibud dan Anak (KIA). Kemudian, DP3A terkait advokasi dan perlindungan perempuan dan anak. Termasuk berkolaborasi dehgan BAZNAS terkait program pencegahan stunting.

Manager Program Arifah Ulviah mengatakan kami sebagai OMS dibawah binaan Kesbangpol Bulukumba telah melaksanakan program Madani tentu tidak terlepas dari arahan dan bimbingan Pak Ahmad Arfan selaku Kepala Kesbangpol Bulukumba. Arifah juga menyampaikan, program Madani akan berjalan selama 3 tahun di Bulukumba. Dimulai sejak 2020 hingga tahun 2023 mendatang.

Tahun pertama, pihaknya telah melakukan program peningkatan kapasitas internal Lembaga PDNA dan telah dibentuk simpul belajar FORMAP-KIA atau Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak. Dimana di dalamnya tergabung 15 OMS dan media.

Komentar

VIDEO TERKINI