Gandeng HIPMI, Dinas PMD Pinrang Hadirkan Lomba BUMDes

Selasa, 5 Oktober 2021 18:16

IST

FAJAR.CO.ID — Dalam meningkatkan pengembangan BUMDes di Kabupaten Pinrang, Pemerintah Pinrang dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia menggelar Lomba BUMDes tingkat Kabupaten Pinrang.

Kegiatan yang melibatkan 18 badan usaha milik desa ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap pengelola BUMDes yang telah melakukan pengelolaan usaha milik desa secara baik dan benar.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 hingga 15 Oktober 2021, masing-masing kecamatan mengirimkan perwakilan BUMDes untuk dinilai.

Setelah melakukan seleksi tingkat kecamatan, maka BUMDes yang terpilih akan dilakukan verifikasi melalui visitasi fisik usaha dan administrasi oleh tim juri dari pihak pemerintah Pinrang dan HIPMI Pinrang. Kegiatan visitasi ini akan berlangsung selama sepuluh hari. Masing-masing finalis BUMDes diberi kesempatan untuk memaparkan pengelolaan usahanya dihadapan juri.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) turut hadir dalam kegiatan visitasi tersebut. Demikian pula dengan Ketua Umum HIPMI Pinrang, Rahmat L Bialagi turut ikut serta dalam kegiatan tersebut. Tak hanya itu tim juri yang terdiri dari beberapa orang juga melibatkan instansi lain diantaranya BAPPEDA dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pinrang.

Sofyan, tim penilai dari unsur HIPMI disela-sela mewawancarai pengelola usaha milik desa juga memberikan masukan untuk pengembangan dan pengelolaan unit usaha milik desa.

Rencananya pemenangnya akan di umumkan pada gelaran Festival Pesona Lowita mendatang. Nantinya semua BUMDes yang telah dilakukan penilaian akan memamerkan produk dan unit usahanya pada kegiatan tersebut. (*/fnn)

Komentar

VIDEO TERKINI