Buka Bimtek Sakip, Sekkab Barru: Ini Program Reformasi Birokrasi

Minggu, 10 Oktober 2021 11:15

IST

FAJAR.CO.ID, BARRU — Bimbingan teknis sistem akuntabilitas kinerja penguatan instansi pemerintah (Sakip) Kabupaten Barru digelar di Makassar. Sekkab Barru membuka bimtek ini. Sakip ini penting untuk meningkatkan kinerja aparat.

Demikian diungkapkan Sekkab Barru, Dr. Ir. Abustan, M. Si. Lebih lanjut membacakan sambutan tertulis Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh. M. Si, mengatakan, SAKIP merupakan Integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan

Hal ini merupakan strategi dalam mempertajam pemahaman dan persepsi tentang penerapan sistem akuntabilitas Kerja guna mendukung reformasi birokrasi. Pengelolaan SAKIP merupakan perwujudan nyata untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi, dan kinerja aparatur.

Dengan demikian diperlukan adanya pemahaman mendalam di setiap perangkat daerah untuk penerapannya yang tentunya harus sesuai dengan peraturan berlaku. Sistem penyelenggaraan pemerintah daerah selama ini lebih banyak memfokuskan dalam pelaksanaan suatu program atau kegiatan tetapi belum sepenuhnya memperhatikan hasil yang dicapai.

Sebagai salah satu program reformasi birokrasi, peran Sakip ini sangat penting. Dalam reformasi birokrasi tersebut terdapat delapan area perubahan. Salah satunya adalah akuntabilitas.

Sakip merupakan bentuk sistem akuntabilitas dari reformasi birokrasi, ujarnya. Sistem ini melihat bagaimana pemerintah menerapkan anggaran berbasis kinerja.

“Reformasi birokrasi adalah penataan ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah dengan melakukan berbagai inovasi melalui langkah-langkah bertahap, konkret, dan realistis,” katanya.(rus)

Komentar

VIDEO TERKINI