Bank Indonesia Sosialisasi IETPD dan Susun Roadmap TP2DD di Kabupaten Sidrap

Senin, 11 Oktober 2021 15:11

FAJAR.CO.ID, SIDRAP–Bank Indonesia Sulawesi Selatan bekerja sama Pemerintah Kabupaten Sidrap mengadakan Sosialisasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dan penyusunan Roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Senin (11/10/2021).

Kegiatan berlangsung di Aula Kantor SKPD, para asisten, kepala OPD, kepala bagian, direktur Rumah Sakit, serta jajaran TP2DD Kabupaten Sidrap.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andi Faisal Burhanuddin sekaligus mewakili Ketua harian TP2DD Sidrap, membuka kegiatan yang dihadiri Deputi Direktur KPW BI Provinsi Sulsel, Ali Afthan A. Azzuhdi, dan Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Sidrap, Zainal Abidin.

Andi Faisal Burhanuddin dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Sidrap sangat mendukung pelaksanaan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah dengan membentuk tim TP2DD berdasarkan SK Bupati Sidrap nomor 299/III/2021.

Dijelaskannya, TP2DD ini merupakan wadah koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait yang dibentuk untuk mendorong inovasi, percepatan dan perluasan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

Hal tersebut, terang Faisal, perlu dilaksanakan untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas layanan publik, sebagai upaya mendukung transparansi dalam sistem pemerintahan dan transfaransi keuangan daerah.

“Ini untuk mengoptimalkan transaksi belanja dan pendapatan daerah serta pembayaran di masyarakat secara non tunai yang berbasis digital. Saya berharap agar seluruh OPD dapat bersinergi saling mendukung guna mempercepat dan mengoptimalkan elektronifikasi pemda,” pesannya.

Faisal menjelaskan, tahap awal yang telah dilakukan pemda untuk mendukung kegiatan digitalisasi daerah dari sektor pajak dan retribusi adalah dengan penerapan QRIS. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia untuk pembayaran pajak PBB, BPHTB, reklame dan retribusi parkir dan transaksi keuangan lainnya.

Komentar

VIDEO TERKINI