Membangun PATBM Sebagai Sistem Terkoneksi Berbagai Level

Jumat, 15 Oktober 2021 19:16

IST

Fajar.co.id, Luwu Utara — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, yakin kerja sama dengan Save The Children Indonesia atas dukungan Mars Wrigley Foundation menjadikan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sebagai sebuah sistem perlindungan anak terkoneksi, dimulai dari level terkecil desa hingga ke tingkat yang lebih besar.

Saat menyampaikan sambutannya pada Kick off Meeting Program Pemda Lutra bersama Save The Children Indonesia dan Mars Wrigley Foundation di Aula Bappelitbangda, Rabu (13/10/2021), Indah optimistis kerjasama tersebut akan berkontribusi terhadap penurunan kasus kekerasan anak yang ada di Luwu Utara, dan meningkatkan posisi Luwu Utara menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) yang saat ini sudah pada posisi madya.

“Jadi, program ini adalah upaya mengurangi kasus kekerasan terhadap anak dan membangun Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sebagai sistem, mulai dari tingkat terkecil hingga tingkat terbesar,” ujar Indah. Selain itu, kata dia, kerjasama tersebut akan membantu Luwu Utara menuju Kabupaten Layak Anak (KLA). “Saat ini Luwu Utara berada di tingkat madya. Kita harap ke depan naik setingkat lagi, dari madya ke nindya. Semoga kita bisa naik di tingkat nindya’’ harap Bupati Luwu Utara dua periode ini.

Untuk diketahui, kegiatan PATBM Terkoneksi ini juga dirangkaikan dengan launching program kerjasama antara Save The Children Indonesia yang didukung Mars Wrigley Foundation dan Pemda Luwu Utara berupa Perlindungan Anak dan Tanggap Covid 19 selama setahun ke depan. Dikatakan Indah, program ini akan menyasar 15 desa di Luwu Utara sebagai piloting yang terdiri dari 10 desa inti dan 5 desa repilkasi.

“Untuk desa yang dipilih adalah desa yang memiliki perkebunan kakao yang luas dan mewakili wilayah hulu, tengah dan dataran rendah,” terangnya. Indah juga menyampaikan terima kasih kepada Save The Children Indonesia karena menjadikan Luwu Utara sebagai lokus implementasi program tersebut.

Komentar

VIDEO TERKINI