Bertahun-tahun Kesulitan, Lewat DAK 2021 Ribuan Rumah Miliki Air Bersih

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PANGKEP -- Ribuan masyarakat Pangkep nikmati air bersih yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 untuk penanganan stunting dan menekan angka kemiskinan sebesar Rp5 miliar.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Penataan Ruang Kabupaten Pangkep, Aswin A Sommeng mengungkap bahwa, ada sejumlah wilayah di Kabupaten Pangkep yang menikmati air bersih lewat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang bersumber dari DAK anggaran 2021 untuk penanganan stunting sebanyak 320 Sambungan Rumah (SR) dan penanganan kemiskinan sebanyak 934 SR.

"Jadi ini dilakukan karena masuk dalam program DAK untuk penanganan stunting dan kemiskinan, dimana Dinas Tata Ruang terlibat dalam upaya pemenuhan air bersih. Makanya kita salurkan air bersih ke rumah-rumah secara gratis untuk pemasangannya, nanti dikelola oleh Pamsimas, termasuk ada dua wilayah di pulau," paparnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Penataan Ruang Pangkep, Sunandar mengaku untuk 2022 pihaknya kembali akan mengoperasionalkan pemasangan 700 SR secara gratis ke rumah-rumah warga.

"Alhamdulillah kita bersyukur program air minum yang bersumber dari DAK 2021 itu sudah dinikmati masyarakat. Tahun berikutnya kita akan kembali lakukan penyambungan air bersih untuk 700 rumah warga," katanya.

Pihaknya menyebut bahwa distribusi air bersih ini berasal dari menara air Bontoa, Kecamatan Labakkang yang telah didesain kembali setelah bertahun-tahun tidak efektif pengelolaannya oleh instansi terkait sebelumnya.

  • Bagikan