Jadi Pembicara Spesial Hari Pahlawan, AKBP Andi Sinjaya Bahas Literasi Digital

  • Bagikan

Digital Divide Berpengaruh Terhadap Knowledge Divide karena kondisi terjadinya kesenjangan digital secara individu maupun masyarakat secara umum dalam memperoleh akses dan layanan berbasis digital. Dengan demikian, digital devide memicu terjadinya digital inequality dan knowledge divide. Jika kesenjangan digital dapat diminimalisir maka kesenjangan pengetahuan dapat teratasi

AKBP Andi Sinjaya menambahkan ada beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesenjangan digital ini adalah dimulai dengan menyiapkan masyarakat untuk bisa menangani, menilai, menerima, memutuskan dan memilih informasi yang tersedia.

"Mereka juga harus diberi edukasi untuk tidak menerima informasi itu secara langsung tanpa menyelidiki kebenarannya sehingga masyarakat Indonesia tidak cenderung termakan oleh berita palsu" Ujarnya.

Penyiapan kondisi psikologis bagi masyarakat ini bisa dilakukan dengan melakukan penyuluhan di seluruh daerah Indonesia secara merata. Dengan persiapan ini, masyarakat akan mengerti dengan baik tentang kemudahan akses untuk menggunakan dan memperoleh informasi di era digital.

Kemudian memberikan fasilitas digital yang inklusif dan berkelanjutan dengan pengembangan keterampilan dan pendidikan

lanjut, membuat sesi pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan digital dasar, khususnya bagi kelompok rentan. Kelompok rentan ini seperti penyandang disabilitas, perempuan, dan lansia serta mengoptimalkan perpustakaan desa. (ars)

  • Bagikan