Jadi Pembicara Spesial Hari Pahlawan, AKBP Andi Sinjaya Bahas Literasi Digital

Rabu, 10 November 2021 21:28

IST

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Enrekang AKBP DR. Andi Sinjaya, SH,S.IK,MH didaulat memberikan materi pada Peluncuran Program Literasi Digital dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, Rabu (10/11/21).

Gubernur Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi, S.E., M.M., selaku Keynote Speech dan yang menjadi Narasumber Kapolres Enrekang Polda Sulsel AKBP Dr. Andi Sinjaya Ghalib, SH., SIK., MH., Anggota TIRBN KemenpanRB Eva Kusuma Sundari, M.A., MDE., dan Content Creator Sosial Media Eka Mahendra Putra serta Coo BN Media Group Aboul A’la Almaududi, SH.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Enrekang membawakan materi tentang kecakapan digital dengan tema “Cutting the barries Mengatasi kesenjangan literasi digital dikalangan masyarakat 3 T” melalui Zoom Meeting.

AKBP Andi Sinjaya menjelaskan Internet semakin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dengan koneksi internet, kita dapat mengakses segala informasi dengan mudah.Sayangnya, tidak semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mengakses internet.

Kita berkaca dari pandemi COVID-19 ini yang telah menegaskan kembali perlunya menjembatani kesenjangan dalam akses Internet. Kesenjangan digital terjadi lintas batas, bidang, dan generasi, yang berdampak pada hampir setiap aspek kehidupan. Dalam ranah digital, pandemi telah meningkatkan kesenjangan digital, seperti distribusi yang tidak merata dalam akses dan penggunaan teknologi digital baik berdasarkan usia, faktor geografis atau geopolitik, faktor sosial, atau faktor ekonomi. 

Selama pandemi, dampak kesenjangan digital terlihat di kedua tingkat makro, seperti sistem sekolah yang berjuang untuk memastikan semua siswa memiliki akses digital yang adil dan kesempatan untuk sekolah virtual dan di tingkat mikro dimana cucu mengajari kakek-nenek mereka cara menggunakan Zoom untuk tetap terhubung selama pandemi.

Komentar

VIDEO TERKINI