HJG Ke-701, Bupati Bersama Wabup dan Forkopimda Ziarah Makam Sultan Hasanuddin

Rabu, 17 November 2021 22:34

IST

  • Jadi Rangkaian Tahunan Perayaan Hari Jadi Gowa

FAJAR.CO.ID, GOWA — Sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Gowa (HJG) Ke-701 Tahun, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni dan jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa melakukan ziarah ke makam Pahlawan Sultan Hasanuddin di Jalan Palantikang, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Rabu (17/11).

Bupati Adnan mengaku setiap tahunnya bertepatan dengan HJG, Pemerintah Kabupaten Gowa selalu menyempatkan diri untuk melakukan ziarah makam pahlawan. Menurutnya, cara tersebut sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan terdahulu, salah satunya Sultan Hasanuddin yang merupakan pahlawan nasional dari Kabupaten Gowa.

“Tadi kita sudah melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa dan dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, saat ini kita ziarah makam sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para pahlawan kita,” ungkapnya.

Adnan menjelaskan, Sultan Hasanuddin berhubungan erat dengan Kabupaten Gowa. Pasalnya selain sebagai Raja Gowa Ke-16, pahlawan yang dijuluki Ayam Jantan dari Timur ini yang memproklamirkan Kerajaan Gowa sebagai Kerajaan Maritim yang memiliki armada perang yang tangguh dan kerajaan terkuat di Kawasan Indonesia Timur.

“Sultan Hasanuddin tidak bisa dipisahkan dari Kabupaten Gowa. Perjuangan panjang yang dilakukan pahlawan kita ini harus terus dilanjutkan di masa yang akan datang,” katanya.

Sekedar diketahui, berkat perjuangan dan jasa-jasa Sultan Hasanuddin terhadap bangsa dan negara, maka dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 087/TK/Tahun 1973 tanggal 16 Nopember 1973, Sultan Hasanuddin dianugerahi penghargaan sebagai Pahlawan Nasional. (*/fnn)

Komentar

VIDEO TERKINI