Silaturahmi, Prof Husain Syam Temui Tokoh Pejuang Sulbar Haji Zikir

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam, menemui tokoh sesepuh masyarakat Sulawesi Barat, Haji Zikir.

Pertemuan yang penuh keakraban itu berlangsung di kediaman Haji Zikir di Kompleks Perumahan Griya Fajar Mas, Jalan Teduh Bersinar, Makassar.

Haji Zikir merupakan salah satu tokoh pejuang pembentukan provinsi Sulawesi Barat. Pria yang berusia lebih 70 tahun itu menyambut hangat kedatangan prof Husain.

Meski duduk di kursi roda lantaran kondisi fisiknya yang sudah tua, Haji Zikir tetap semangat berdiskusi dengan Prof Husain Syam. Dalam banyak hal.

Menariknya meskipun sudah uzur, Haji Zikir yang dahulu berprofesi sebagai pengusaha dan developer itu masih mengingat beberapa momen penting perjalanan pembentukan provinsi Sulawesi Barat.

Prof Husain yang juga Ketua Kerukunan Masyarakat Mandar Sulawesi Barat (KKMMSB) Sulsel mengatakan kunjungannya ke Haji Zikir merupakan silaturahmi biasa dengan tokoh Sulbar di Makassar.

Selain dengan Haji Zikir, Prof Husain juga sering menemui tokoh dan sesepuh masyarakat Sulawesi Barat lainnya. Tidak hanya yang berdomisili di Makassar, tetapi juga yang menetap di Sulbar dan di Jakarta.

“Pak Haji Zikir ini merupakan salah satu tokoh dan sesepuh masyarakat Sulbar yang banyak berjasa dalam pembentukan provinsi Sulbar,” kata Husain.

Salah satu jasa Haji Zikir, kata Prof Husain adalah mendirikan Pondok Pesantren Al Ikhlas di Lampoko, Kabupaten Polewali Mandar. Pesantren ini termasuk salah satu pondok pesantren besar di tanah Mandar yang jumlah santrinya sampai ribuan orang. (ikbal/fajar)

  • Bagikan