Anak Buah Terseret Dugaan Korupsi PEN, Tito Karnavian Tidak akan Beri Toleransi Tindakan Melawan Hukum

  • Bagikan
Mendagri Tito Karnavian (Kemendagri/Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Staf khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kastorius Sinaga menerangkan bahwa keterlibatan pejabat Kemendagri Ardian Noervianto dalam kasus dugaan korupsi dana PEN daerah bersifat individu. Perbuatan Ardian tidak ada sangkut pautnya dengan Tito maupun Kemendagri.

"Menteri Dalam Negeri dalam berbagai kesempatan telah memberikan pengarahan secara berkala kepada seluruh pimpinan komponen baik saat sambutan pelantikan Pejabat JPTP/M maupun dalam rapat-rapat regular komponen di lingkungan Kemendagri untuk selalu bekerja dengan amanah dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, serta memperingatkan untuk tidak melakukan tindakan melawan hukum termasuk korupsi atau penyalahgunaan wewenang," kata dia dalam siaran pers, Minggu (30/1).

Kastorius menerangkan bahwa Tito juga sangat tegas dan mempunyai komitmen kuat untuk tidak memberikan toleransi kepada siapa pun di jajaran Kemendagri yang melakukan tindakan melawan hukum termasuk melakukan tindakan korupsi.

"Perihal yang terjadi dengan dugaan tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh mantan pejabat Kemendagri merupakan tindakan oknum yang bersifat individual," tegas dia Menurut Kastorius, Kemendagri juga menghormati setiap proses penegakan hukum yang sedang dilakukan dengan tetap menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah.

"Kemendagri mengambil hikmah dan menjadikan peristiwa ini sebagai momentum untuk melakukan evaluasi menyeluruh dan terus meningkatan upaya pengawasan dan pembinaan kelembagaan dan sumber daya aparatur," tandas dia.

  • Bagikan