Road Show Setahun Kepemimpinan Hati Kita, Kecamatan Pamerkan Produk UMKM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS –- Pameran UMKM yang digelar pada road show setahun pengabdian pasangan Bupati AS Chaidir Syam dengan Wakil Bupati Maros Hj. Sutinah (Hati Kita), sukses menampilkan ribuan produk hasil UMKM.

Hal ini disampaikan kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maros, Towadeng saat ditemui di Kecamatan Camba di sela-sela kegiatan, Kamis, 17 Februari.

"Kecamatan Camba ini adalah kecamatan yang ke-10 dari 14 kecamatan yang ada, jadi selain musrembang Kecamatan, juga ada road show setahun kepemimpinan Bupati dan wakil Bupati Maros, dalam road show inilah semua kecamatan melalui desa menampilkan produk umkmnya melalui pameran," ungkapnya.

Diakuinya saat ini ada sekitar 30 ribuan UMKM yang terdaftar di Maros dan tersebar di seluruh Desa Kelurahan di Maros.

"Sebenarnya kalau UMKM kita punya datanya, sekitar 30 ribuan dan yang ditampilkan di pameran itulah yang produk andalan tiap desa dan kelurahan yang ada di kecamatan," katanya.

Produk-produk itulah kata dia yang akan dibenahi dari segi pemasaran, perbaikan kemasan, pendaftaran BPPOM dan label halal.

"Sehingga nantinya produk-produk ini bisa bersaing dengan produk UMKM dari luar dan bisa memperkuat nilai jual yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Selain itu, salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Maros dengan membeli produk UMKM ini untuk dijadikan jamuan kepada tamu.

"Salah satu langkah awal adalah gerakan beli produk UMKM yang dilakukan langsung oleh pak Bupati dan ibu Wakil Bupati dan diikuti oleh semua kepala dinas, dan itu bukan hanya pada pameran ini. Tapi akan berlanjut terus. Sehingga ketika ada tamu berkunjung produk UMKM itu bisa diperkenalkan," jelasnya. (rin/mukhlis)

  • Bagikan