Kemendagri Apresiasi Gorontalo Jadi Provinsi Pertama Launching Internalisasi ASN BerAKHLAK

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Gorontalo tercatat menjadi provinsi pertama yang merespon cepat arahan Presiden Joko Widodo dan Mendagri Tito Karnavian untuk melakukan internalisasi penerapan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN Bangga Melayani Negeri.

Selain Workshop Penguatan Transformasi Budaya Kerja BerAKHLAK, juga ada Pengukuhan Pengurus Komwil Forsesdasi (Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia) di Provinsi Gorontalo Periode 2021-2024. digelar hibrid, Kamis 17 Maret 2022.

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro melalui zoom Meeting mengapresiasi acara ini dan mengatakan bahwa digelarnya kegiatan ini juga sebagai langkah tindak lanjut Kemendagri terhadap arahan dari Presiden Jokowi terkait Core Values ASN yang baru yaitu BerAKHLAK (Akronim dari Berorientasi Pelayanan, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) serta diluncurkan juga 5 prioritas kerja 2019-2024.

Hal ini disambut baik oleh Mendagri, Tito Karnavian yang membuat surat edaran tentang Percepatan Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah.

"Seperti yang kita tahu, bapak Presiden sudah melaunching ASN BerAKHLAK, dan kita sudah hafal semua 5 program strategis beliau atau prioritas kerjanya. Dan dua di antaranya menyangkut tema kita hari ini yaitu pembangunan sumber daya manusia dan penyederhanaan birokrasi," jelas Suhajar.

Menyangkut pembangunan sumber daya manusia, Suhajar membagikan sebuah slide terkait total tranformation model, yang nantinya akan dijelaskan lebih detail oleh pakar pembangunan karakter yakni Ary Ginanjar Agustian.

  • Bagikan