Menteri BUMN Beri Kuliah Umum di Unhas, Bahas Milenial, Digital, dan Ekonomi Nasional

  • Bagikan
IST

Dalam kuliah umumnya, Erick Tohir menyampaikan bahwa hasil data IMF menunjukkan di tahun 2045 Indonesia menjadi negara yang diprediksi akan menduduki top 10 dalam mendominasi kekuatan ekonomi dunia, tepat berada pada posisi ke-4.

BUMN melalui transformasi dan inovasi menjadi katalisator pertumbuhan perekonomian Indonesia di tahun 2045.

“Ini adalah sebuah cita-cita bangsa, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Untuk mewujudkan Indonesia 2045, Indonesia harus siap menghadapi tekanan dari tiga aspek, yakni pasar global, ketahanan kesehatan, dan disrupsi digital. Pandemi yang kita lalui hingga saat ini, telah membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang terbaik dalam penanganan Covdi-19,” jelas Erick Tohir.

Lebih lanjut, Erick Tohir menuturkan bahwa Indonesia harus memiliki ekosistem kota sendiri untuk menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi yang berdampak bagi terbukanya lapangan pekerjaan dan peluang usaha, khususnya dikalangan milenial. Dengan demikian sangat diperlukan adanya peran pemerintah untuk mendorong dan memperkuat hirilisasi, guna mencapai pertumbuhan ekonomi.

“Kita punya target pasar yang besar, bukan waktunya lagi untuk dieksploitasi oleh bangsa lain. Tapi saat ini kita harus mempunyai strategi bagaimana sebuah bangsa dapat memastikan pasar untuk menjadi sasaran produktif bagi bangsa kita sendiri. Tidak lagi hanya sekedar sebagai pelaku konsumtif,” kata Menteri BUMN.

Menteri BUMN Erick Tohir menambahkan bahwa di setiap era perubahan selalu ada generasi baru yang bermunculan. Hal tersebut sejalan dengan program inovasi BUMN melalui program magang bersertifikat bagi mahasiswa dalam menambah wawasan dan keterampilan untuk menghadapi persaingan global melalui link dan match antara industri dan perguruan tinggi.

  • Bagikan