Kerja Sama PLN-Pemkab Barru, Manfaatkan Limbah Jadi Bahan Berguna

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Upaya kerja sama pemanfatan Fly ASH dam Bottom ASH (FABA) untuk pembangunan infrastruktur di daerah Barru PT PLN UPDK Tello akhirnya dilanjutkan dengan taken MOU dengan Pemkab Barru di ruang rapat Bupati Barru, Rabu (7/4/2022).

Penandatanganan MUO ini dihadiri Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh, M.Si bersama Manajer PLN UPDK Tello, Haryadi Bayu Aji.

Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh, M.Si, menyatakan, kerja sama ini tentu saja memberi manfaat bagi masyarakat Kabupaten Barru. Limba yang biasanya dianggap berbahaya justru dikelola dan memberi manfaat.

Bisa dibayangkan, jelas Suardi, limba ini setelah dikelola akan menjadi bermanfaat. FABA ini bisa menjadi bahan baku campuran beton untuk pekerjaan sipil. Juga cocok untuk campuran semen untuk lapisan dinding rumah.

FABA dihasilkan dari kegiatan PLTU dengan teknologi boiler Circulating Fluidized Bed (CFB) batubara terbakar lebih sempurna.

"Soal FABA ini sudah diatur dalam PP No 22 Tahun 2021 yang menyatakan FABA sudah bukan lagi limbah berbahaya dan beracun, sehingga kita tidak perlu lagi ragu," ujar Suardi. (rus)

  • Bagikan