Dikucur Rp5,2 M, Bupati ASA Segera Hadirkan RPH Modern di Kabupaten Sinjai

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bersama jajarannya terus berbenah untuk membangkitkan perekonomian di Kabupaten Sinjai. Kali ini, Rumah Potong Hewan (RPH) modern segera hadir di Kabupaten berjuluk Bumi Panrita Kitta tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), Burhanuddin mengatakan, dari hasil komunikasi yang dilakukan oleh Bupati Sinjai, maka Kementerian Pertanian RI mengamini permohonan Pemkab Sinjai untuk membangun RPH modern.

Anggaran yang dikucurkan untuk membangun RPH tersebut berkisar Rp5,2 miliar. "Alhamdulillah, proses perencanaan pembangunan sementara kami lakukan," ungkapnya.

Keunggulan dari RPH modern yang dibangun di Kecamatan Sinjai Selatan ini adalah sebagai tempat untuk melakukan pembekuan daging sapi. Daging beku ini disuplai untuk memenuhi kebutuhan industri peternakan yang tahun lalu dibangun di tempat yang sama.

Termasuk untuk menyuplai kebutuhan hotel, rumah makan, maupun pasar tradisional. "Kehadiran RPH modern ini untuk memenuhi kebutuhan sentra industri peternakan, di samping memenuhi permintaan dari luar," beber nya.

Di samping itu, daging beku yang diproses melalui RPH ini bisa dikirim ke luar daerah hingga antar provinsi. Selain, menekan biaya operasional pengiriman sapi, juga daging sapi yang dihasilkan memenuhi standar kesehatan.

"Selama ini pengusaha kita mengirim sapi hidup ke Kalimantan, dengan hadirnya RPH ini bisa mengirim daging beku, jadi biaya pengiriman bisa ditekan, kualitasnya juga dijamin higienis," lanjutnya.

  • Bagikan