Unhas Gelar Kuliah Tamu, Tekankan Pentingnya Diagnosis Dini Penyakit Kanker

  • Bagikan

"Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian secara global. Kanker payudara merupakan penyakit paling umum di dunia. Lebih dari 2 juta kasus kanker payudara didiagnosis setiap tahun secara global. Setiap 46 detik, seseorang meninggal karena kanker payudara. Terkadang, penyebabnya adalah faktor genetik, atau kebiasaan gaya hidup, hingga racun," jelas Prof. Benjamin.

Lebih lanjut, Prof Benjamin menambahkan salah satu langkah terpenting dalam memerangi kanker payudara adalah dengan diagnosis dini dan akurat. Kanker ini tidak menunjukkan gejala pada tahap awal dan pengobatan menjadi sulit setelah gejala muncul.

Untuk itu, penilaian risiko yang tepat sangat penting untuk mengurangi insiden dan kematian. Beberapa teknik komputasi telah dikembangkan untuk penilaian risiko kanker payudara di negara maju.

Materi penutup disampaikan oleh Prof Aini Ahmad yang berkaitan dengan "The Experience and Lesson Learnt by Nursing Education Program During Pandemic in Malaysia".

Peserta yang berjumlah kurang lebih 100 orang aktif memberikan pertanyaan dan tanggapan kepada para narasumber.

Kegiatan yang dipandu oleh Kusrini S. Kadar, S.Kp., MN., Ph.D (Dosen FKep Unhas) selaku moderator berlangsung lancar hingga pukul 11.00 Wita. (selfi/fajar)

  • Bagikan