Anggaran Hibah KONI Wajo Naik 10 Kali Lipat, Segini Totalnya Tahun ini

  • Bagikan
Ilustrasi

FAJAR,CO.ID, SENGKANG -- Anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Wajo cukup fantastis setelah dinakhodai saudara Bupati Wajo Amran Mahmud, Suyuti Mahmud. Tahun ini nilainya Rp1 miliar.

Berdasarkan informasi dihimpun FAJAR. Mantan Kabid Keolahragaan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Wajo, Nurpanca Ismail mengemukakan, tidak mengetahui persis total anggaran hibah yang diperoleh KONI tahun ini. Untuk tahun 2021 lalu, Rp100 juta.

"Kalau tau saya tahu ji. Rp100 juta. Hibah itu. Saya tidak lagi di Disporapar. Baru tiga hari dipindahkan ke Kesbangpol. Tukarkan dengan pejabat di sini," ujarnya, Selasa, 14 Juni 2022.

Dia mengaku, anggaran senilai Rp100 juta itu, diperuntukkan membiayai operasional KONI. Seperti pada kegiatan pra Pekan Olahraga (Porda) Sulsel 2021, ada sebanyak 24 cabang olahraga (Cabor) dari Wajo.

"Kan tahun lalu ada kegiatan pra porda. Untuk membiayai itu dan kegiatan lainnya," bebernya.

Sementara, pejabat Analisis Kebijakan Bidang Keolahragaan Disporapar Wajo, Agusmansyah mengemukakan, dibandingkan tahun lalu, ada peningkatan alokasi anggaran untuk KONI tahun ini. Sama, hibah dari ABPD.

"Tahun ini Rp1 miliar, tahun lalu Rp100 juta," terangnya.

Dia menyampaikan, besarannya anggaran tersebut dalam menghadapi kegiatan Porda Sulsel XVII 2022, yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sinjai−Bulukumba.

"Untuk realisasinya kami tidak tahu. Karena sudah masuk internal-nya KONI. Uangnya juga masuk langsung ke rekening KONI," paparnya.

Dari Rp100 juta di tahun 2021, menjadi Rp1 miliar di tahun 2022, artinya tejadi kenaikan anggaran 10 kali lipat.

  • Bagikan