Kenali Khasiat Sarang Semut sebagai Obat Herbal untuk Gusi, Hasil Penelitian Lilies Anggarwati Raih Penghargaan IPERI

  • Bagikan
IST

Di sisi lain kata dia, poket periodontal merupakan salah satu infeksi gusi yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen yang bersifat anaerob sehingga dapat menimbulkan terjadinya nekrosis jaringan periodontal.

Poket periodontal dikenal dengan infeksi pada saku gusi, yang umumnya dikeluhkan adanya rasa kurang nyaman pada gusi, rasa gatal pada gusi, ada rasa asin, dan tidak jarang juga terdapat darah.

Penyebab utamanya karena makanan yang masuk ke dalam saku gusi dan sulit dibersihkan dengan sikat gigi sehingga kebiasaan mengoreknya keluar menggunakan tusuk gigi secara terus menerus dapat berakibat infeksi pada gusi.

“Berangkat dari hal tersebut maka saya ingin menciptakan pengobatan pendamping tindakan menghilangkan atau mengurangi microbial dan membuang secara biomekanis jaringan mati/nekrotik yang biasa dikenal dengan perawatan skeling dan root planing, maka diharapkan penggunaan bahan dasar herbal untuk irigasi poket periodontal dapat meminimalisir efek samping bahan kimiawi dan mempercepat proses penyembuhan poket periodontal tanpa adanya rekurensi,” pungkasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan