Usai Makan Siang Bersama Petinggi Golkar, Andi Muhammad Mantapkan Diri Maju Pilgub Sulsel

  • Bagikan
IAS, Andi Muhammad, Nurdin Halid, dan Idrus Marham.

Inside melakukan monitoring selama 3 bulan. Mulai 29 Mei sampai 29 Agustus 2022, dari perkiraan jumlah pengguna Facebook di Sulsel sebanyak 4.300.000-5.000.000 orang.

Hasilnya, pada percakapan terkait Pilgub Sulsel, nama Andi Muhammad ramai dibicarakan warganet di media sosial selama tiga bulan terakhir.

"Nama Mayjen Andi Muhammad berada di posisi ketujuh atau terakhir dibanding tokoh-tokoh lainnya. Persentase percakapannya mencapai 2,42 persen," ungkap Direktur Inside, Nurcholish dalam keterangan tertulisnya yang diterima fajar.co.id, Jumat (9/9/2022).

Pengamat Politik, Ras Md menilai hasrat politik yang dimunculkan oleh Andi Muhammad menatap Pilgub Sulsel mendatang adalah hal yang sah-sah saja.

Mengenai peluang Andi Muhammad jika benar masuk ke pentas Pilgub 2024, Ras MD menjelaskan bahwa, itu bukanlah perkara mudah.

"Ada banyak kalkulasi politik yang mesti diukur secara objektif. Faktor-faktor keterpilihan yang mesti dipenuhi oleh seorang figur. Apalagi jika figur tersebut berkeinginan tampil sebagai figur utama," jelas Ras.

Perilaku pemilih masyarakat Sulsel, kata dia, tentu berbeda dengan daerah lain. Menurutnya, ada banyak faktor-faktor besar yang menjadi preferensi dalam memilih figur.

"Seperti halnya faktor pengalaman elektoral tokoh. Punya basis wilayah atau tidak. Pernah menjadi kepala daerah atau tidak. Karena dari era SYL hingga Nurdin Abdullah, masyarakat Sulsel sangat mengidolakan figur dengan latar belakang kepala daerah," pungkasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan