Festival Budaya To Berru Hadirkan Keberagaman Budaya Lokal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Festival budaya to Berru yang ke XI tahun 2022 di gelar di anjungan pantai Sumpang Binangae, Jumat, (17/09/2022). Festival kali ini mengusung tema Colliq Pujie Mozaik Paras Budaya.

Sejumlah kegiatan budaya memeriahkan festival tahunan ini. Antara lain pawai karnaval budaya dari berbagai daerah, Barru, Bantaeng, pare-pare, dan pinrang. pentas kebudayaan komunitas seni lokal barru di anjungan sumpang dan mappadendang, mappabite manu dan mattojang di desa paccekke.

Festival budaya to Berru ini berlangsung selama tiga hari.

Hadir direktur musik, film dan animasi Kemenparektraf Muh. Amin, Kepala balai pelestarian nilai budaya sulawesi selatan Kemendikbudristek Syamsu Rijal ,S.S, M.Hum, Kasub koord pengembangan event pariwisata Propinsi Sulsel Lan Sana, S.Sos, M.Si, Kurator Karisma event Nusantara Vera Damayanti, Sekretaris daerah, unsur forkopimda, kepala opd, ketua dharma wanita, anggota PKK kabupaten, camat, kades dan lurah.

Kadis Pendidikan Kabupaten Barru, Andi Adnan Asiz, mengungkapkan, acara FBTB ini harus berkelanjutan dan lebih baik lagi.

  "Sulawesi kata orang bahwa susah kerja sama, susah kolaborasi tetapi pak direktur malam ini di barru kita sudah berkolaborasi dengan baik, festival budaya yang kita lakukan malam ini ada pesan-pesan yang ingin di sampaikan dan visualisasikan oleh anak-anak kita,"ungkapnya.

  Di sesi  akhir acara ditutup dengan penampilan yang mempesona dari komunitas seni lokal barru dengan penampilan yang menghadirkan ke arifan lokal dengan kostum yang mewakili warna kabupaten barru dan pemukulan lesung menggunakan alu sebagai pertanda pembukan FBTB ke XI.(rus)
  • Bagikan