Target Akreditasi Laboratorium Terpadu, Prodi Kesmas UINAM Gelar Bimbingan Teknik Persiapan Akreditasi Laboratorium

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar (UINAM) menggelar Bimbingan Teknis Persiapan Akreditasi Laboratorium ISO 17025:2017.

Pada kegiatan yang dilakukan dua hari sejak 12 hingga 13 oktober 2022 ini,

turut hadir pengelola laboratorium dan Ketua Laboratoriun FKIK

Menurut salah satu pengelola laboratorium Prodi Kesmas, Rini Jusriani mengaku dirinya mendapat pengalaman berharga dalam bimbingan yang diikuti.

“Kita ketahui bahwa ISO 17025:2017 berperan penting dalam menyatukan semua system manajemen mutu laboratoriu,” bebernya.

Kegiatan yang menghadirkan St Nur Insani, seorang konsultan berpengalaman di Bidang sistem manajemen dan konsultasi dengan pemerintah kabupaten atau kota ini juga Kata Rini memberinya pemahaman-pemahaman baru.

"Sekarang kita sudah tau jenis dan bentuk dokumentasi yang dibutuhkan, utamanya terkait metode penanganan sampel uji laboratorium, hingga penataan rekam dokumen, serta audit internal dalam lingkup laboratorium," ujarnya.

Diketahui, informasi dari bimtek ini akan diteruskan ke level pimpinan prodi dan fakultas untuk pemetaan langkah lanjutan menuju akreditasi laboratorium terpadu FKIK.

(Arya/Fajar)

  • Bagikan