Melalui Program KOSABANGSA, IBK Nitro dan Dinas Pariwisata Pangkep Membentuk POKDARWIS Pulau Salemo

  • Bagikan
IST

Sementara itu, di tempat lain dilaksanakan juga FGD (Fokus Group Discusion) tentang “ Rumah Produksi Perikanan” dan “Identifikasi Pembuatan Produk Kas Desa Salemo” yang dibawakan oleh Dr.Andi Ridwan Makkulau,.ST,.M.Si ahli Perikanan dari Politani Pangkep. Terkait dengan rumah Produksi Perikanan yang baik dan layak. Masyarakat Pulau Salemo 95% berprofesi sebagai Nelayan. hasil laut dan budidaya pertambakan kebanyakan di peroleh dari Rajungan kepiting dan ikan laut.  Hasil dari Rajungan sendiri biasanya langsung dikirim ke luar kota dan ada yang diolah langsung menjadi masakan.

Perikanan merupakan produk pangan yang sudah banyak dikonsumsi masyarakat sebagai lauk pauk, maka tak wajar di daerah pesisir banyak memanfaatkan hasil perikanan untuk diolah menjadi produk olahan. Inovasi baru yang telah muncul yaitu mengaplikasikan ikan pada produk makanan yang sudah siap santap. Produk Khas Desa yang dapat dijadikan sebagai ole-ole adalah “abon kepiting”, “Abon Ikan”, “Sate Tude”. Abon yang selama ini hanya dijadikan bahan lauk pauk dan tambahan kini dan diproduksi terbatas, diharapkan nantinya dapat diproduksi dengan skala besar dan dapat masuk ke Pasar-pasar Modern.

Kegiatan  FGD (Fokus Group Discusion)  dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua PKK dan 20 orang anggota PKK. Pengenalan lingkungan perikanan merupakan cara untuk masyarakat lebih bangga akan hasil perikanan yang dapat membantu memenuhi gizi maupun ekonomi masyarakat sekitar. FGD tentang produk khas Desa dapat menyita perhatian dan membuat peserta antusias dalam acara tersebut, sehingga mereka termotivasi dan berharap dapat mengaplikasikan sendiri. (rls)

  • Bagikan