Sekda Luwu Utara Motivasi Gapoktan Kelola Organisasi dengan Baik

  • Bagikan

Mantan Kepala Dinas Pertanian ini menyebutkan bahwa ada empat jenis pengorbanan dalam berorganisasi, yaitu waktu, biaya, tenaga, dan perasaan. Nah, jika pengurus tak mampu mengelola 4 hal ini menjadi sebuah energi yang positif, maka masalah bisa timbul.

“Yang diurus ini adalah anggota. Kalau ada masalah dalam organisasi, maka itu adalah masalah kita semua, makanya jangan pelihara masalah,” Armiadi kembali mengingatkan. Masih dia, jika tanda-tanda akan timbul masalah, maka segera diselesaikan agar masalah tidak membesar.

“Kalau sudah ada sedikit tanda-tanda masalah dalam organisasi, maka segera selesaikan, jangan menunggu melebar jadi besar, tetapi selesaikan dengan cepat,” imbuhnya. Untuk itu, ia mengajak segenap pengurus kelembagaan untuk senantiasa mengedepankan silaturahmi dan musyawarah dalam mengatasi masalah dan mengambil keputusan.

“Mari kita duduk sama-sama, kita selesaikan sama-sama, kita bicarakan sama-sama. Ketika ada yang kita bicarakan, berarti ada yang kita putuskan. Ada yang diputuskan, berarti ada yang mau dilakukan. Ada yang mau dilakukan berarti ada yang mau dievaluasi,” lagi Armiadi memberikan suntikan motivasi kepada segenap pengurus kelembagaan yang hadir.

Tak kalah pentingnya, Armiadi juga mengingatkan bahwa semua pengurus harus mampu memahami tentang persoalan administrasi organisasi. Mengingat administrasi menjadi kunci kesuksesan sebuah organisasi jika dikelola dengan baik.

“Jadi, tolong perbaiki administrasinya karena administrasi ini yang akan menjelaskan kepada pihak-pihak yang akan melakukan audit terhadap kelembagaan, termasuk evaluasi yang dilakukan teman-teman di dinas kabupaten, BPP, atau PPL pendamping,” imbuhnya.

  • Bagikan