Ribuan Masyarakat Kota Makassar Meriahkan Cap Go Meh, Polisi Perketat Pengamanan

  • Bagikan
Perayaan Cap Go Meh di Kota Makassar Minggu (5/2/2023) malam.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Perayaan Cap Go Meh di Kota Makassar berlangsung sangat meriah pada Minggu (5/2/2023) malam.

Dari pantauan fajar.co.id, ribuan masyarakat memadati Jalan Sulawesi, Kecamatan Wajo untuk menyaksikan secara langsung pergelaran karnaval budaya sebagai penutup rangakaian acara tahun baru China itu.

Sampai pada pukul 20.59 Wita, masyarakat yang hadir tak hanya masyarakat keturunan Tionghoa saja, tapi juga masyarakat setempat.

Diketahui, terdapat 153 tenant UMKM yang ikut meramaikan acara puncak Jappa Jokka Cap Go Meh Pemkot Makassar 2023.

Masyarakat yang datang kebanyakan bersama keluarganya, baik isteri maupun anaknya. Sambil berwisata kuliner, mereka juga nampak asyik menikmati pertunjukan Barongsai.

Bahkan, tak sedikit dari mereka ikut masuk ke dalam Klenteng Xian Ma untuk melihat langsung tempat beribadah warga yang beragama Konghucu dan Buddha tersebut.

Banyaknya masyarakat yang hadir membuat pengamanan di lokasi ini ikut diperketat. Sebanyak 420 personil gabungan dari Polres Pelabuhan Makassar.

Tidak sendirian, Personil Gabungan Polres Pelabuhan bekerjasama dengan aparat gabungan dari Ditsamapta Polda Sulsel, Sat Brimob, Kodim, dan instansi terkait lainnya seperti Dinas Perhubungan dan Satpol PP Makassar.

Kabag Ops Polres Pelabuhan Makassar, Kompol Morens saat ditemui fajar.co.id mengatakan, pengamanan dilakukan dengan menggunakan sistem tertutup dan terbuka.

"Pengamanan sendiri menggunakan pola pengamanan terbuka dan tertutup. Tertutup itu sebagai body sistem. Mereka memonitoring. Termasuk dari Reskrim, Narkoba, apabila ada yang melakukan tindak pidana," ujar Kompol Morens saat ditemui di lokasi kegiatan.

  • Bagikan