Kembangkan Inovasi Laktasi, Kecamatan Tempe Permudah Penerbitan Akte Kelahiran

  • Bagikan
Camat Tempe Supardi

FAJAR.CO.ID, SENGKANG - Kembangkan inovasi Layanan Administrasi Kependudukan Terintegrasi (Laktasi), pemerintah Kecamatan Tempe memaksimalkan dan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Pelayanan yang dimaksud, salah-satunya, dalam pelayanan penerbitan akte kelahiran.

Camat Tempe Supardi mengatakan, pada 2023, penerbitan akte kelahiran bukan hanya bisa didapatkan di 3 Puskesmas yang ada di Kecamatan Tempe.

Namun, dikatakan Supardi. Sudah bisa melalui Praktek Bidan Mandiri. “Alhamdulillah, kita sudah kerjasama dengan 13 praktek bidan mandiri dan klinik," ujar Supardi kepada awak media, Senin (6/2/2023).

"Sehingga bayi yang lahir di 13 Praktek Bidan Mandiri dan klinik yang dikerjasamakan tersebut juga sudah bisa memberikan layanan penerbitan akte kelahiran,” sambung dia.

Mantan Kabid Humas Diskominfotik Wajo itu mengungkapkan, dengan adanya kerjasama tersebut, kini anak yang baru lahir sudah bisa pulang ke rumah dan langsung bisa bawa akta kelahiran.

“Kita ingin pelayanan yang lebih baik, jadi keluarga ibu yang baru melahirkan tidak harus mengurus sendiri akta kelahiran anaknya," lanjutnya.

Dikatakan Supardi, cukup hanya dengan menunggu hingga selesai persalinan dan ketika sudah diperbolehkan pulang ke rumah akte lahir anaknya sudah ada.

"Karena sudah ada kerjasama dengan 3 Puskesmas dan 13 bidan praktek mandiri. Jadi sudah ada yang akan mengurus akte kelahiran anaknya,” tandasnya.

Supardi mengharapkan, agar ibu-ibu yang akan melahirkan pada Faskes yang sudah dikerjasamakan untuk membawa dokumen lengkap seperti Kartu Keluarga, KTP disamping dokumen lainnya yang diperlukan.

  • Bagikan